Mengatasi sariawan di lidah - KESEHATAN | POLA HIDUP SEHAT | PENYEMBUHAN | OBAT PALING MUJARAB | PENYAKIT | OBAT HERBAL

Breaking

Mengatasi sariawan di lidah

YO HIDUP SEHAT - MENGATASI SARIAWAN DI LIDAH. Timbulnya sariawan di lidah tentu dapat mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, menurunnya kemampuan merasakan, hingga kemungkinan menyebabkan rasa sakit atau perih pada mulut. Kondisi ini kemungkinan akan mengganggu Anda saat makan dan minum.

Sariawan merupakan infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur. Sariawan dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti luka  berselaput  keputih-putihan. Tak hanya di lidah, sariawan juga dapat timbul di pipi bagian dalam, gusi, amandel, hingga bagian belakang tenggorokan.Baca juga Cara cepat atasi sariawan


Obat Antijamur

Tujuan dari pengobatan sariawan di mulut yaitu menghentikan penyebaran jamur. Obat antijamur dapat membantu untuk mengobati sariawan di lidah. Obat tersebut bisa dalam bentuk tablet, obat cair, permen pelega tenggorokan (lozenges), dan lain-lain.
Salah satu pilihan obat sariawan di mulut yaitu obat antijamur clomatrizole, dalam bentuk permen pelega tenggorokan yang dibiarkan larut dalam mulut. Selain itu, ada pula obat antijamur nystatin. Obat ini digunakan seperti obat kumur yang dibiarkan di dalam mulut beberapa waktu kemudian ditelan.
Jika obat-obatan di atas tidak dapat membantu, dokter dapat memberikan resep obat fluconazole atau itraconazole.
Infeksi jamur yang resisten atau telah menyebar pada bagian tubuh yang lain, dapat menggunakan obat amphotericin B. Obat ini dapat dikonsumsi atau dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena melalui suntikan.
Untuk bayi yang masih memperoleh air susu ibu (ASI) terkena sariawan di lidah, maka pengobatan berupa krim antijamur juga diberikan pada payudara ibu. Hal ini untuk mencegah infeksi berulang.
Sariawan di lidah sebaiknya segera mendapat penanganan dokter. Hal ini untuk mencegah risiko penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain.

Perawatan di Rumah

Beberapa cara berikut dapat dilakukan sendiri di rumah untuk membantu meringankan rasa sakit akibat sariawan di lidah.
  • Menyikat gigi dua kali sehari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari penggunaan sikat gigi bersama dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri.
  • Jangan gunakan obat kumur atau spray. Hal ini untuk menghindari perubahan suasana untuk pertumbuhan flora normal mulut, kecuali sesuai rekomendasi dokter untuk obat kumur tertentu.
  • Berkumur dengan air garam. Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Anda dapat berkumur dengan air garam ini beberapa kali dalam satu hari.
  • Konsumsi minuman dingin atau jus. Jika sariawan terasa sakit saat Anda minum, maka gunakan sedotan.
  • Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah. Misalnya, makanan lembut, agar-agar dan es krim.
  • Yogurt tanpa pemanis. Untuk mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh,konsumsi yogurt tanpa pemanis yang mengandung lactobacillus acidophilus. Ataupun, dapat diminum dalam bentuk kapsul.
  • Batasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi. Seperti roti, bir, serta wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.
Jangan remehkan sariawan di lidah, terutama jika sudah mengganggu dan berlarut-larut. Konsultasi dengan dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Baca juga Cara cepat atasi sariawan