MANFAAT ASAM AMINO - KESEHATAN | POLA HIDUP SEHAT | PENYEMBUHAN | OBAT PALING MUJARAB | PENYAKIT | OBAT HERBAL

Breaking

MANFAAT ASAM AMINO

Dari banyaknya zat yang dibutuhkan tubuh, asam amino termasuk yang tak boleh dilupakan. Apalagi bagi yang sedang menjalani program pembentukan otot. Manfaat asam amino diyakini bisa membuat program kebugaran kamu berjalan sukses. Sebab, selain disiplin berlatih, mengonsumsi makanan kaya kandungan asam amino juga termasuk hal yang harus dilakukan.


MPA PROPOLIS KLIK DISINI
 
Sebenarnya, manfaat asam amino tak hanya istimewa bagi otot saja. Asam ini juga baik untuk fungsi otak, hormon pertumbuhan, serta pertumbuhan sel dan jaringan. Lebih jelasnya, yuk simak 5 manfaat besar dari asam amino yang sepertinya perlu untuk diketahui:
1. Mencegah Kerontokan Rambut
Kerontokan rambut tidak hanya bisa dicegah oleh produk kecantikan saja, lho. Masalah rambut ini juga bisa dicegah dengan asam amino. Ya, salah satu manfaat asam amino adalah mencegah rambut rontok sekaligus menjaga kesehatan kulit dan kuku. Menurut penelitian dari Clinical and Experimental Dermatology, kerontokan rambut cukup erat kaitannya dengan kekurangan zat besi dan asupan lisin yang tidak optimal. Nah, lisin merupakan salah satu dari banyaknya jenis asam amino.
2. Meningkatkan Massa Otot
Manfaat asam amino juga dapat membuat otot kamu “tersenyum”. Kok bisa? Sebab, otot terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang untuk lemak dalam tubuh.
3. Memelihara Kesehatan Jantung
Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine, National Institutes of Health, asam amino baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, beberapa jenis asam amino diyakini dapat menjadi nutrisi penting untuk menjaga fungsi kardiovaskular. Kekurangan beberapa jenis asam amino dikaitkan dengan disfungi jantung.
4. Menjaga Keseimbangan Hormon dan Enzim
Kamu harus waspada jika kekurangan asam amino, karena bisa jadi hormon dan enzim dalam tubuhmu jadi kacau, terutama hormon keseimbangan. Manfaat asam amino lainnya adalah untuk melepaskan insulin, sehingga tingkat keseimbangan gula darah terjaga. Sementara itu, hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak dan energi, serta memperkuat tulang dan kolagen.
5. Meningkatkan Stamina dan Daya Ingat
Makanan tinggi asam amino juga bisa menghindarkan kamu dari kekelahan. Di samping itu, manfaat asam amino juga bisa meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati. Alhasil, kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan kian meningkat. Tak hanya itu, ia juga bisa menghindari depresi dan meningkatkan daya ingat.
MPA PROPOLIS KLIK DISINI Itulah 5 manfaat besar yang bisa didapatkan dari asam amino. Namun, perlu diketahui juga bahwa selain makanan tinggi asam amino, kamu perlu menyeimbangi pola makan sehatmu dengan makanan bernutrisi lainnya. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Ragam Jenis Asam Amino

Asam amino terdiri dari beragam jenis. Beberapa di antaranya adalah asam amino kondisional, nonesensial, dan esensial. Namun, tubuh tidak bisa memproduksi jenis asam amino esensial. Jadi alternatifnya, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam asam amino jenis ini. Nah, berikut jenis asam amino esensial dan sumbernya:
1. Leusin
Makanan seperti rumput laut, tuna, kedelai, putih telur, dan ayam mengandung leusin. Asam amino jenis ini berperan penting dalam membentuk sepertiga jaringan otot rangka dalam tubuh.
2. Valin
Asam amino jenis ini bisa kamu temukan pada telur, rumput laut, selada air, kalkun, dan bayam.
3. Isoleusin
Jenis ini bisa kamu temukan pada putih telur. Selain itu, makanan seperti domba, kalkun, kedelai, kepiting, ayam, juga menjadi sumber isoleusin yang tak kalah bagusnya. Sama seperti leusin, isoleusin juga berperan dalam membentuk jaringan otot rangka tubuh.
4. Triptofan
Jenis asam amino yang satu ini bisa membuat tubuh relaks seketika. Kalau sedang merasa sedih, stres, atau tertekan, cobalah konsumsi makanan yang kaya triptofan. Sebab, triptofan bisa meningkatkan hormon serotonin di dalam otak, yang akan memperbaiki mood. Kamu bisa mendapatkan triptofan dari kedelai, rumput laut, kalkun, putih telur, dada ayam, dan bayam.