Penyebab dan cara mengatasi BAB tidak lancar - KESEHATAN | POLA HIDUP SEHAT | PENYEMBUHAN | OBAT PALING MUJARAB | PENYAKIT | OBAT HERBAL

Breaking

Penyebab dan cara mengatasi BAB tidak lancar

Yo Hidup Sehat Penyebab BAB. Jika anda mengalami BAB tidak lancar tentu akan mengganggu aktivitas keseharian, siapa yang tidak sebal jika proses buang air besar tidak lancar? Konstipasi, alias susah buang air besar terjadi karena kecepatan makanan melewati kolon (usus besar) terlalu lambat. Perlambatan ini menyebabkan kolon membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyerap air yang terkandung dalam sisa-sisa makanan, sehingga menyebabkan feses menjadi keras dan kering.


Penyebab buang air besar tidak lancar bisa terjadi karena faktor psikologis maupun kebiasaan sehari-hari. Yuk, simak info apa penyebab buang air besar tidak lancar
  • Yuk, atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kesehatan Anda dengan dokter pilihan Anda, langsung dari smartphone. GRATIS! Karena sehat itu mudah!
Faktanya, memang frekuensi buang air besar setiap orang berbeda dan tidak ada aturan baku mengenai hal tersebut. Meskipun begitu, bila selama tiga hari atau lebih Anda tidak juga bisa buang air besar, maka Anda harus segera menanganinya, lho! Mengapa? Sebab perut Anda akan terlihat lebih buncit dan tubuh Anda menjadi tidak sehat. Sebenarnya, banyak faktor yang memicu keadaan ini, mulai dari faktor psikologis maupun kebiasaan sehari-hari. Mau tahu lengkapnya ?
Penyebab buang air besar  tidak lancar
  • Kekurangan serat
Kekurangan serat adalah faktor utama yang memicu Anda mengalami gangguan dalam buang air besar. Untuk itu, konsumsilah lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya serat. Selain itu, jangan terlalu banyak pula mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung susu karena juga dapat menyebabkan sembelit.
  • Kehamilan
Sekitar 40 persen wanita hamil mengalami kesulitan buang air besar, terutama pada periode awal kehamilan. Kok bisa? Tentu bisa, sebab selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang efeknya dapat mengendurkan otot sehingga kemudian menyulitkan otot usus untuk berkontraksi.
  • Menunda buang air besar
Kebiasaan menunda buang air besar ketika tubuh sudah memberi sinyal, justru berisiko mengundang konstipasi, lho! Maka itu, segerakanlah buang air besar saat perut Anda sudah terasa mulas.
  • Pengaruh obat-obatan
Beberapa jenis obat seperti suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antidepresan, antipsikotik, serta obat-obatan diuretik dapat menyebabkan konstipasi lho! Begitu pula dengan obat pereda nyeri yang kemungkinan bersifat candu, seperti kodein dan morfin, serta obat gangguan pencernaan, seperti alumunium antasida, dapat menimbulkan konstipasi .
  • Terdapatnya kondisi kesehatan tertentu
Hati-hati! Kesulitan untuk buang air besar bisa saja menjadi pertanda adanya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia alias kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, multiple sclerosis, penyakit parkinson, fisura anal, penyakit peradangan usus, kanker usus besar atau dubur, atau cedera saraf tulang belakang. Jadi, segeralah periksakan ke dokter jika kesulitan untuk buang air besar sudah berlarut-larut. Baca Juga Kenali penyebab sakit perut sebelah kiri
  • Faktor psikologis
Kesulitan buang air besar bisa terjadi apabila anda memiliki masalah psikis, seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pernah mengalami pelecehan seksual.
Setelah mengetahui faktor-faktornya, Anda pastinya bertanya-tanya tentang bagaimana cara melancarkan kembali proses buang air besar Anda. Sebenarnya, Anda hanya perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan cara :
Cara melancarkan kembali buang air besar
  • Perbanyak minum air putih
Ketika asupan cairan sudah tercukupi, tubuh tidak perlu menghemat air agar organ-organ dalam berfungsi dengan benar. Bila tubuh kekurangan cairan, akan memicu penyerapan air pada usus besar, mengakibatkan faeces yang keras dan kering.
  • Olahraga
Ketika Anda berolahraga, maka akan timbul getaran di dalam tubuh yang membuat saluran usus bergerak sehingga isi di dalamnya (termasuk feses) turut melaju.
  • Perbanyak konsumsi serat
Serat bisa berasal dari roti gandum utuh, biji gandum, buah-buahan dan sayuran. Serat berkhasiat melunakkan feses yang keras, padat dan kering.Itu dia penyebab buang air besar tidalk lancar dan cara melancarkan kembali buang air besar Anda. Semoga bermanfaat! Baca Juga Bahaya tubuh kelebihan dan kekurangan serat